Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Is-Aluny Bangkalan Lestarikan Tradisi Pesantren Perekat Ikatan Ke-Alumnian

Is-Aluny Bangkalan Lestarikan Tradisi Pesantren Perekat Ikatan Ke-Alumnian

Alkhoziny.com - Ahad (15/08/17), puluhan Alumni dan simpatisan Lembaga Pesantren Al-Khoziny yang tergabung dalam wadah Organisasi Is-Aluny (Ikatan Santri Alumni Al-Khoziny) cabang Bangkalan, menggelar pertemuan untuk yang kesekian kalinya di daerah Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.

Kegiatan yang rutin diadakan oleh pengurus cabang Is-Aluny Kabupaten Bangkalan dalam setiap bulan tersebut banyak dihadiri oleh para Alumni sepuh dan Alumni muda serta beberapa simpatisan Lembaga Pesantren Al-Khoziny Buduran Sidoarjo.

Dalam kegiatan tersebut, digelar Bahtsul Kutub seperti yang dilaksanakan saat berada di pesantren dengan materi kajian kitab Fathul Mu'in. Kemudian dilanjutkan dengan Sholat duhur berjamaah. Seusai sholat dilanjut lagi dengan ngaji Kitab Tafsir Munir Karya ulama Indonesia Syekh Imam Nawawi Al-Banteni yang diasuh langsung oleh Pengasuh Lembaga Pesantren Al-Khoziny, yaitu KHR. Abdus Salam Mujib.

Is-Aluny Bangkalan Lestarikan Tradisi Pesantren Perekat Ikatan Ke-Alumnian

Menurut penuturan salah satu pengurus Is-Aluny cabang Bangkalan yang tidak mau disebut namanya, kagiatan seperti ini memang amanah dari para Masyayikh Alkhoziny untuk menjaga solidaritas antar Alumni. "Agar Alumni tidak putus hubungan khususnya dengan para Masyayikh Al-Khoziny" Ucapnya saat dimintai keterangan.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan para Alumni bahwa mengaji tidak harus berhenti meskipun sudah berhenti dari pondok (Boyong - Red Jawa). "Kegiatan semacam ini termasuk implementasi dari sabda Nabi bahwa mencari ilmu itu tidak terbatas usia dan waktu. Hal ini juga salah satu lima kunci sukses dari Masyayikh Al-akhoziny yaitu mengajar atau belajar" pungkasnya. (Badrun/Alumni)

SEPUTAR TASU'A DAN ASYURA