Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Wakili Jawa Timur dalam MQK Nasional


AlkhozinyNews,- Siang itu Institut Agama Islam KH.Abdul Chalim, Pacet kab. Mojokerto disesaki oleh ratusan santriwan dan santriwati dari berbagai kota di Jawa Timur mulai dari Banyuangi sampai Tuban, Jumat (13/10). Hawa dingin berubah menjadi hangat tatkala para peserta lomba beradu argumen mempertahankan jawabannya didepan juri.

Ya, tak lebih dari sekitar 550 santriwan/wati peserta lomba Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) ke-5 tingkat Jawa Timur beradu kehebatan dalam membaca dan memahami makna yang terkandung di setiap lafadz-lafadz kitab kuning.

Setelah menjalani seleksi di tiap zona, mereka yang juara 1 di tiap zona diadu kembali untuk disaring yang terbaik di masing-masing tingkat perlombaan, dan yang nantinya juara 1 akan mewakili jawa timur untuk MQK tingkat nasional di Jepara Jawa Tengah.

Al-Khoziny sendiri ikut menyumbangkan santrinya dalam event 3 tahunan itu, mereka adalah Ahmad Asy’ari, (tingkat ula Safinatun Najah), Arif Billah (tingkat wustho Fathul Qarib), dan M. Said Nabil Abdulloh (tingkat wustho Tafsir Jalalain).

Berbekal segudang pengalaman di berbagai perlomabaan dan hasil sorogan tiap malam ke Lora Muhyiddin Khaliq dan Ust. Shodiq Firdaus akhirnya mereka bertiga mendapatkan hasil yang maksimal  dengan raihan juara 1 yang dicapai oleh Arif Billah dan M. Said Nabil Abdulloh dan juara 3 oleh Ahmad Asy’ari.

Dengan demikian Arif Billah dan M. Said Nabil Abdulloh berhak mewakili JAWA timur dalam MQK tingkat Nasional di Jepara di bulan Desember mendatang.

Selain mereka bertiga, Sidoarjo sendiri menambah pembendaharaan gelar juaranya atas nama Anisa Salsabila perwakilan PP. Mambaul Hikam Tanggulangin yang juara 3 putri kategori fiqh tingkat wustho.

(Ach Efendy/LP2A)
Mereka yang mengatakan Maulid Nabi Bid'ah mungkin tidak pernah belajar mantiq (Malam maulidurrasul Muhammad SAW)