Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bahtsul Masail Tradisi Pesantren





Bahtsul masail merupakan aktifitas akademik pesantren yang telah  mengakar  dari generasi ke generasi, Tak terkecuali di Pesantren Al Khoziny, dimana tiap harinya para santri dilatih dan dibimbing untuk memahami kitab kuning dengan cara bermusyawarah, bertukar pendapat, berusaha memahami, bukan sekedar paham secara individual tapi mampu memahami secara sosial.
      Bahtsul masail bukanlah diskusi biasa, melainkan forum ilmiah yang dalam melakukan kajian dan mujadalah  diatur sesuai dengan standar akademik yang ketat. Baik dalam acara rujukan, metode berfikir dan cara pemaknaan.
Add caption
       Bathsul  Masail adalah  salah satu forum diskusi  keagamaan untuk merespon dan memberikan solusi atas  problematika aktual yang mucul dalam kehidupan masyarakat. Dari segi historis maupun operasionalitas,  bahtsul masail merupakan forum yang sangat dinamis, demokratis dan berwawasan  luas.  Dikatakan dinamis sebab persoalan (masail) yang digarap selalu mengikuti perkembangan (trend) hukum di masyarakat. Sedangkan demokratis karena dalam forum tersebut tidak ada perbedaan antara kyai, santri baik yang tua  maupun yang muda. Pendapat siapa pun yang paling kuat itulah yang diambil. Dikatakan "berwawasan luas" sebab dalam bahtsul masail tidak jarang para audiens yang sering berbeda pendapat meskipun dalilnya sama,itu karena perbedaan cara pandang mereka (S.A)

Post a Comment

1 Comments

Mereka yang mengatakan Maulid Nabi Bid'ah mungkin tidak pernah belajar mantiq (Malam maulidurrasul Muhammad SAW)