Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kunjungan Habib Ahmad al Aidid di Alkhoziny



AlkhozinyNews,- Silaturrahmi adalah cara yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyyah umat-Nya. Begitu juga yang dilakukan oleh dua habib dari Ribath Daarul Musthofa, Kota Tarim Yaman, Selasa (5/6) Siang. Beliau adalah Habib Ahmad bin Husein al Aidid Al Hadhromi dan Habib Muhammad bin Husein al Aidid Al Hadhromi.
Dalam halaqoh yg cukup singkat, Habib Ahmad bin Husain Al-Aidid sedikit memberikan motivasi, arahan,  dan kalam hikmah kepada santri al Khoziny yang deterjemahkan oleh KHR. Abdus Salam Mujib. Tausyiah yang disampaikan mengenai adab bagi seseorang yang mencari ilmu pengetahuan. Apabila seseorang hendak mencari ilmu pengetahuan maka seyogyanya ia meniatkan niat tersebut untuk menegakkan agama Allah Ta’ala. Dan bukan karena mencari dunia belaka. Karena jika seseorang yang meniatkan jalannya hanya semata karena Allah, Allah akan memudahkan segala jalan untuknya. Begitu juga mengenai dunianya.

“Kita semua adalah seorang yang memiliki beberapa derajat yang berbeda. Semua itu karena beberapa niat dan keihlasan kita saat kita hendak mencari ilmu pengetahuan” Tutur KHR. Abdus Salam Mujib saat menerjemahkan tausyiah yang disampaikan oleh Habib Ahmad.
Selain ilmu pengetahuan, beliau juga menyampaikan agar kita membarengkan ilmu pengetahuan tadi dengan akhlaqul karimah. Baik itu akhlak saat kita bersosialisasi dengan orang sekitar atau dengan pencipta kita. Beliau juga mengumpamakan ini dengan maqolah dari Imam Syafi’i.
“Imam Syafi’i berkata, jadikanlah ilmu kalian seperti sebuah garam. Dan jadikan pula akhlak kalian seperti sebuah tepung. Jika kalian hendak membuat sebuah roti manakah yang kalian perbanyak? Tentulah tepungnya dan garam hanya sebagai pelengkap saja agar roti itu bisa dinikmati”.
Dipengujung tausyiahnya beliau memberikan beberapa ijazah kepada semua santri dan berdo’a agar para santri bisa menjadi seseorang yang menjadi pewaris nabi.

(Ilham/LP2A)



Post a Comment

0 Comments

Mereka yang mengatakan Maulid Nabi Bid'ah mungkin tidak pernah belajar mantiq (Malam maulidurrasul Muhammad SAW)